WAKILI LAMPUNG KE NASIONAL


TULANG BAWANG. Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang akan mewakili Provinsi Lampung pada lomba Perpustakaan Desa tingkat nasional di Bulan Agustus 2015.  Sebelumnya Perpustakaan Anugrah pada Bulan Maret yang lalu telah terpilih menjadi perpustakaan kampung terbaik se Kabupaten Tulang Bawang, dilanjutkan pada Bulan Juni kemarin Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo terbukti terpilih kembali menjadi Perpustakaan Desa terbaik se-Provinsi Lampung.

Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo berdiri sejak tahun 2011 tepatnya sejak tanggal 21 April 2011. Dipelopori oleh keluarga Bapak Sutrisno, S.Pd. mengelola Perpustakaan tersebut hingga dapat berkembang dengan baik seperti sekarang. Pada awalnya dengan bantuan buku sebagaimana kampung-kampung yang lain, Kampung Dwimulyo mengusulkan untuk mendapatkan bantuan buku dari Badan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Tulang Bawang. Pada bulan September 2011 mendapatkan bantuan buku sebanyak seribu buku yang terdiri dari dua ratus judul.

Pada perkembanganya koleksi bahan pustaka kini sudah mencapai hampir tiga ribuan buku, selain buku ada juga CD pembelajaran, LCD Proyektor, fasilitas internet, dan tempat membaca yang cukup nyaman dan unik, yakni sebuah gubuk diatas kolam. Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo memiliki program dalam membentuk pola pikir masyarakat dengan program, sepuluh menit sehari kita membaca, minggu ketiga kita membaca, dan bulan September kunjungan ke perpustakaan. Program perpustakaan dalam mengembangkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan warga binaan, ada kolam warga binaan, sayuran warga binaan, Bebun Buah Naga, Hutan Kampung, Sanggar Kreasi dan seni, serta Sanggar Penggiat IT. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo   juga cukup variatif, nonton bersama, ngabuburit bersama sambil menimba ilmu, pawai launching program membaca, weblog perpustakaan, dan motor perpustakaan.  Kerjasama dengan beberapa instansi baik berkaitan dengan kunjungan maupun pengadaan bahan pustaka.

Perpustakaan ini masih terus berkembang, sehingga masih banyak yang harus dikerjakan hingga semua program kerja dapat terealisasi. Untuk hal ini dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Sementara ini masih dikerjakan dan dimotori oleh pengelola. Kedepan diharapkan perpustakaan Kampung Dwimulyo dapat lebih member konstribusi yang bermanfaat bagi lingkungan masyarakat disekitar perpustakaan berada.



Ngabuburit Dipedalaman sambil Menjelajah Dunia  di Perpustakaan Anugrah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.